5 Inspirasi Warna Cat Interior Masjid

Sebagai sarana untuk beribadah, masjid juga dijadikan sebagai salah satu tempat untuk menenangkan hati dari masalah-masalah kehidupan yang dihadapi. Maka dari itu, pemilihan warna cat interior masjid bisa mempengaruhi kondisi psikologis para jamaah. 

Dengan memilih warna-warna netral dan minimalis, kesan yang didapatkan dari orang-orang yang mendatangi masjid akan lebih tentram dan sejuk. Bahkan sekarang sudah ada banyak referensi warna cat masjid minimalis modern dengan penggunaan warna yang tepat. 

Untuk mempermudah Anda menemukan warna cat interior yang cocok pada sebuah bangunan masjid, kami akan bagikan beberapa contoh referensi warna interior masjid. 

Referensi Warna Cat Interior Masjid

Masjid menjadi tempat beribadah yang bisa menampung banyak jamaah. Terkadang, tempat suci ini tidak hanya digunakan untuk menjalankan sholat 5 waktu saja. Bahkan juga digunakan untuk acara keagamaan lainnya seperti tadarus Al-Quran, santunan anak-anak Yatim dan Piatu, dan lainnya. 

Maka dari itu, kenyamanan masjid juga harus dipertimbangkan agar para jamaah betah berlama-lama di masjid untuk memanjatkan doa-doa. Salah satu hal yang bisa meningkatkan kenyamanan para jamaah adalah pemilihan warna cat interior. Berikut kami berikan beberapa contoh warna cat interior masjid yang bisa menjadi inspirasi. 

1. Warna Interior Masjid Putih

Warna putih tampaknya tidak hanya digunakan untuk bangunan-bangunan umum saja, namun juga bisa digunakan sebagai warna interior maupun eksterior masjid. Pasalnya, warna putih memiliki makna kesucian, kemurnian, dan juga keikhlasan. Maka dari itu, para jamaah diharapkan bisa keluar masjid dengan rawa positif dan jiwa yang suci sesudah melaksanakan ibadah di masjid. 

Warna cat masjid putih juga banyak dikombinasikan dengan warna lainnya. MIsalnya dipadukan dengan warna emas yang sudah umum ditemui. Warna emas tersebut menjadi warna selingan untuk mempercantik tampilan masjid. 

2. Warna Interior Masjid Cream

Warna cream yang digunakan pada masjid dapat memberikan kesan tampilan yang lebih mewah dan luas. Balutan warna ini juga bisa memancarkan kesan ceria sehingga sangat cocok digunakan pada berbagai macam bangunan, salah satunya adalah masjid. 

Warna cream pun bisa dipadukan dengan berbagai warna lainnya seperti biru beludru, coklat, dan putih. 

3. Warna Interior Masjid Hitam dan Putih

Seperti yang sudah kami jelaskan, putih merupakan warna netral yang melambangkan kesucian. Maka dari itu, tidak jarang dikombinasikan dengan warna hitam. Kombinasi dua warna ini sering diaplikasikan pada bangunan masjid di berbagai daerah. 

Pasalnya, warna hitam dan putih sangat cocok digunakan sebagai warna corak eksterior maupun interior masjid karena memiliki karakteristik yang elegan dan sederhana. Selain itu, kesan yang timbul dari dua warna ini tidak menghilangkan kesan minimalis dan modern. 

4. Warna Interior Masjid Biru

Warna cat interior masjid biru juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, warna ini dapat memberikan kesan cerah, ceria, dan bahagia. Biru menjadi warna yang sangat cerah dari kegunaannya dan cocok untuk membalut bagian dalam masjid. Sehingga dapat membuat para jamaah betah berlama-lama di dalam masjid untuk melaksanakan serangkaian ibadah. 

5. Warna Interior Masjid Kuning

Kuning bisa menjadi salah satu warna ikonik dan banyak digunakan sebagai warna kombinasi di beberapa masjid di Indonesia. Umumnya, warna kuning dikombinasikan dengan warna lainnya seperti putih dan hitam, yang bisa memberikan kesan klasik dan bersejarah. 

Warna kuning tersebut juga bisa menjadikan tempat ibadah ini terlihat lebih megah. Salah satu bangunan masjid yang sudah menerapkan warna kuning klasik adalah masjid Jamik Sumenep. Meskipun sudah berumur abad, masjid ini tetap berdiri kokoh dengan warnanya yang sangat bersejarah. 

Contoh Warna Masjid dengan Nilai Arsitektur Yang Tinggi

Sebagai contoh nyata, Anda bisa mengetahui beberapa nama masjid yang memiliki nilai arsitektur yang tinggi. Tentu saja, warna lah yang menjadi elemen penting dalam arsitektur ini. Sehingga bisa dicontoh pada bangunan masjid lain di beberapa daerah Indonesia. Berikut contoh-contohnya. 

Cat Masjid Sultan Ahmed

Contoh warna masjid pertama yang bisa menjadi inspirasi adalah masjid Sultan Ahmed, yang juga terkenal dengan sebutan masjid biru. Tempat ibadah ini berlokasi di salah satu daerah terbesar di Turki, yakni Istanbul. 

Yang membuat menarik, warna cat interior masjid ini sudah sejak dahulu berwarna biru megah. Bahkan sampai saat ini masih berdiri kokoh dengan warna biru tersebut. 

Cat Masjid Agung Syeh Zayed

Terakhir, ada sebuah masjid besar dengan desain dan warna yang sangat indah di dunia, yakni masjid Agung Syeh Zayed, yang berlokasi di Abu Dhabi, United Emirat Arab (UEA). 

Tempat beribadah ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia karena bisa menampung sampai 41.000 jamaah. Selain itu, terdapat 82 menara dengan tujuh ukuran berbeda. Warna cat interior masjid menggunakan warna putih dan emas. Selain itu, desain interior yang diterapkan merupakan inspirasi dari bangunan serupa di Persia.

Itulah inspirasi warna cat interior masjid yang bisa diterapkan. Gunakan cat interior berkualitas untuk menunjang aktivitas ibadah di dalam masjid. Dengan begitu, suasana sekitar tempat ibadah akan terasa lebih menenangkan. 

baca Juga: 5 Ide Usaha Kreatif Modal Kecil Yang Menguntungkan