6 Tips Menulis Artikel SEO Untuk Blog, Dasar yang Wajib Diketahui!

Pada saat menulis sebuah artikel, pasti kamu menginginkan artikel kamu selalu tampil di halaman pertama pada mesin pencarian Google. Namun, untuk tahap tersebut bukan hal yang mudah dan hampir tidak mungkin bisa terjadi. 

Menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa setiap hari ada postingan artikel terbaru sebanyak 4.4 juga postingan tulisan di sebuah blog. Lalu bagaimana cara agar agar artikel kamu sering muncul di pencarian Google.

Tips Menulis Artikel Untuk Blogger Pemula

Sumber gambar: pexels.com/cottonbro

Untuk kamu yang merasa kebingungan sebelum menulis sebuah artikel SEO. Melansir informasi dari Endar Julian, seorang content writer berpengalaman dan author dari kontenseru.com dan auditkonten.com berikut beberapa tips menulis artikel SEO yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi sebelum menulis sebuah artikel. 

1. Mengetahui Karakteristik Berbagai Calon Pembaca 

Hal yang paling pertama dan penting dalam tips menulis artikel SEO adalah kamu perlu mengetahui terlebih dahulu untuk karakteristik dari para calon pembaca. Dengan memahami karakteristik maka kamu bisa paham keinginan dari mereka. 

Pada saat kamu melakukan riset dan menemukan beberapa mayoritas dari karakteristik kamu adalah mahasiswa, maka kamu bisa membuat konten dengan sifat casual dan mengangkat beberapa topik terkait rekomendasi para remaja maupun wisata kuliner. 

Semakin relevan konten dan karakteristik pada blog kamu semakin jelas maka kemungkinan besar juga artikel seo kamu muncul di halaman pertama dalam pencarian Google.

2. Melakukan Riset Keyword 

Sebelum melakukan penulisan lebih baik kamu melakukan riset keyword apa saja yang sering diketik oleh calon pengunjung. Untuk cara satu ini sangat mudah karena kamu bisa menggunakan alat keyword tools atau ubersuggest. 

Pada saat kamu menggunakan alat tersebut akan muncul keyword apa saja yang sering muncul. Sehingga kamu bisa membuat konten dengan menggunakan topik yang berhubungan dengan keyword sering muncul tersebut. 

3. Menggunakan Judul Menarik 

Judul merupakan hal yang pertama orang lihat pada hasil pencarian Google. Selain itu, judul dijadikan sebagai penentu dari calon pembaca untuk membaca artikel yang kamu buat atau tidak. 

Ada beberapa cara mudah dalam membuat sebuah judul yang menarik dengan menyebutkan beberapa kata “manfaat” pada saat penulisan sebuah artikel dan selain itu kamu juga bisa menuliskan “kekhawatiran” dari seorang pembaca. 

4. Menambah Subheading 

Kamu harus mempercayai bahwa para pembaca dari artikel kamu tidak melakukan kegiatan membaca sampai dengan selesai. Pada tips satu ini kamu perlu membuat strategi agar artikel kamu tetap mudah untuk dipahami meskipun melakukan pembacaan secara sekilas. 

Cara yang paling mudah pada permasalahan tidak membaca sampai dengan selesai adalah menggunakan subheading. Fungsi dari subheading adalah sama dengan fungsi dari sebuah chapter pada buku. 

Sehingga meskipun pembaca tidak membaca sampai selesai maka bisa tahu poin-point apa saja yang sudah disampaikan pada isi konten artikel kamu. Semakin mudah untuk dipahami maka semakin besar pula peluang pembaca untuk menyimak sampai dengan selesai dari artikel yang kamu buat. 

5. Menuliskan Paragraf Secara Singkat 

Setiap orang penulis artikel mempunyai keinginan agar mendapatkan konten yang lebih menarik dalam menulis sebuah artikel. Cara termudah pada permasalahan satu ini adalah kamu bisa menuliskan isi paragraf secara singkat dan akan tetapi tetap harus jelas. 

Beberapa orang ahli menyebutkan bahwa para pembaca akan lebih mudah fokus terhadap tulisan dengan jumlah kalimatnya lebih sedikit dibandingkan jumlah tulisan yang terlalu banyak dan mengakibatkan kebingungan. 

Selain itu, untuk cara lain adalah kamu bisa menuliskan pada setiap satu paragraf tidak mempunyai isi lebih dari 150 kata. 

6. Menggunakan Beberapa Gambar 

Gambar dijadikan sebagai bahan pemanis dalam sebuah artikel. Sehingga pada saat kamu menuliskan sebuah artikel bisa menambahkan beberapa gambar yang menarik di tulisan artikel tersebut. 

Sebelum memberikan gambar pada artikel lebih baik kamu memastikan terlebih dahulu untuk gambar yang akan kamu gunakan relevan dengan topik pembahasan kamu atau tidak dan memastikan ukuran file gambar dibawah 150 kb. 

Sekian informasi mengenai tips menulis artikel SEO yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi untuk kamu yang masih merasa kebingungan dalam melakukan penulisan artikel SEO.

Baca Juga: Cara Melihat Story FB Yang Tidak Berteman