6 Cara Menjadi Dropship Pemula Dengan Mudah

Cara menjadi dropship pemula – Model bisnis dropship adalah salah satu jenis usaha yang dapat dilakukan oleh siapa saja terlepas dari keahlian, pekerjaan, ataupun modal awal.

Karena itu, menjadi dropshipper adalah hal yang wajib dicoba untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Untuk anda yang tertarik, di artikel ini kami sudah tuliskan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjadi seorang dropshipper pemula.

Cara menjadi Dropship Pemula

Cara menjadi Dropship Pemula

Bangun Identitas Bisnis Dropship Pemula

Cara menjadi Dropship Pemula yang pertama adalah membangun identitas bisnis. Membangun identitas bisnis tentunya penting bagi setiap bisnis termasuk untuk dropship. Dengan hal sederhana seperi nama dan logo, akan membantu anda untuk tampil berbeda dari kompetitor yang menjalankan bisnis serupa.

Baca juga Cara Menjadi Agen Produk Unilever

Selain nama dan logo, hal seperti motto, visi, dan misi bisnis juga bisa menjadi suatu identitas bisnis. Dengan adanya branding yang kuat, akan membuat konsumen lebih mudah dalam mengenali dan mengingat usaha anda sehingga mereka berkemungkinan untuk menjadi pelanggan setia.

Pilih Supplier yang Berkualitas dan Terpercaya

Dalam usaha dropship, anda sebagai seorang dropshipper tidaklah mengambil andil dalam melakukan pengecekan kualitas barang maupun proses pengiriman barang yang anda jual.

Baca juga Tips Cara Membedakan Sepatu Kulit Asli dan Palsu

Oleh karena itu sebagai tindakan waspada dan pencegahan resiko, anda harus berhati-hati dalam memilih supplier barang dagangan anda. Pastikan kalau selain memberikan barang yang berkualitas, sang supplier juga handal dalam masalah pengelolan alur pengiriman barang.

Ada baiknya anda melakukan uji produk dari beberapa supplier untuk menentukan mana yang memiliki kualitas terbaik. Jangan sampai anda memilih supplier yang buruk ya, sebab semua masalah tentang kualitas dan pengiriman barang menjadi tanggung jawab anda sebagai pemilik bisnis dropship.

Beri Layanan Pelanggan Pasca Beli

Kebanyakan usaha dropship memiliki layanan pelanggan pasca beli yang buruk sebab mereka tidak memiliki kontrol atas hal-hal yang menyangkut produk yang mereka jual.

Baca juga Cara Mencari Efek Di TikTok

Sebab itulah, meski kerusakan produk maupun masalah dalam pengiriman diluar tanggung jawab anda. Dan ada baiknya anda memberikan layanan untuk para konsumen selepas mereka membeli barang dari anda. Hal ini bisa menjadi identitas bagi usaha anda yang akan berujung pada terbentuknya branding usaha. Sehingga usaha dropship anda bisa semakin sukses.

Berikan Nilai Jual Tambahan Pada Bisnis

Agar minat konsumen terhadap bisnis anda meningkat, anda tentunya harus bisa memberikan nilai jual tambahan pada bisnis anda. Anda tentunya memiliki sedikit sekali kontrol untuk menaikkan nilai jual pada produk karena anda tidak ada campur tangan mengenai kualitas, pengemasan, dan desain produk.

Namun anda masih bisa memberikan nilai tambah untuk bisnis anda misalnya melalui pelayanan pelanggan yang memuaskan, jaminan kualitas produk, gratis ongkos kirim, penawaran diskon untuk pembelian selanjutnya, dan sebagainya.

Bangun Identitas Bisnis

Membangun identitas bisnis tentunya penting bagi setiap bisnis termasuk untuk dropship. Dengan hal sederhana seperi nama dan logo, akan membantu anda untuk tampil berbeda dari kompetitor yang menjalankan bisnis serupa.

Selain nama dan logo, hal seperti motto, visi, dan misi bisnis juga bisa menjadi suatu identitas bisnis. Dengan adanya branding yang kuat, akan membuat konsumen lebih mudah dalam mengenali dan mengingat usaha anda. Sehingga mereka berkemungkinan untuk menjadi pelanggan setia.

Bangun Sistem Transaksi yang Aman dan Nyaman

Sebagai bisnis yang mengutamakan aktivitas jual beli, kegiatan transaksi tentunya menjadi poin yang tak boleh dilupakan. Agar proses pembayaran barang tidak menjadi hal yang merepotkan, anda bisa membuka toko online. Bisa dengan menggunakan marketplace dan berbagai aplikasi e-commerce untuk membantu kegiatan transaksi.

Para marketplace ternama sudah memiliki sistem pembayaran dan jaminan keamanan transaksi yang teruji, sehingga baik anda maupun konsumen tidak perlu khawatir akan adanya kesulitan maupun tindak kejahatan

Beri Layanan Pelanggan Pasca Beli

Kebanyakan usaha dropship memiliki layanan pelanggan pasca beli yang buruk sebab mereka tidak memiliki kontrol atas hal-hal yang menyangkut produk yang mereka jual.

Sebab itulah, meski kerusakan produk maupun masalah dalam pengiriman diluar tanggung jawab anda, ada baiknya anda memberikan layanan untuk para konsumen selepas mereka membeli barang dari anda. Hal ini bisa menjadi identitas bagi usaha anda yang akan berujung pada terbentuknya branding usaha sehingga usaha dropship anda bisa semakin sukses.

Pilih Jenis Produk Dengan Pangsa Pasar yang Baik

Cara menjadi Dropship Pemula yang terakhir yaitu dengan memilih jenis produk dengan pangsa pasar yang baik. Menentukan barang yang akan dijual adalah langkah paling awal yang harus anda lakukan untuk memulai bisnis dropship.

Dalam memilih produk, pastikan produk yang anda pilih sebagai barang dagangan mempunyai pangsa pasar yang baik agar lingkup penjualan anda bisa semakin luas. Jika anda merasa masih kebingungan dalam memilih barang dagangan dengan pangsa pasar yang baik, anda bisa gunakan analisis SWOT untuk memperkirakan kelebihan, kekurangan, ancaman, dan peluang bisnis barang tersebut.

Anda juga bisa menjual lebih dari satu produk untuk meningkatkan keuntungan usaha dropship anda.

Sekian Cara menjadi Dropship Pemula yang bisa kami berikan untuk anda yang ingin merintis karir dalam usaha dropship. Usaha dengan modal minim ini nampaknya akan semakin berkembang seiring meningkatnya ketertarikan masyarakat membeli barang secara online.  Semoga bisa membantu.